Sabtu, 03 Juli 2010

10 LANGKAH MAKAN SEHAT

Bila dilakukan dengan baik, langkah-langkah ini akan mengurangi konsumsi lemak jenuh sekitar separoh dan melipat duakan konsumsi serat.
1.) Makanlah tak lebih dari dua ons keju kaya lemak per minggu. Selebihnya, gunakan keju yang lemaknya dikurangi. Lupakan pula penggunaan keju bersama burger atau sandwinch. Lalu, bila anda penggemar pizza, pesanlah pizza dengan keju separo porsi.
2.) Bergantilah dari daging sapi giling ke unggas giling. Memilih buerger ayam daripada burger daging sapi/babi juga membantu mengurangi konsumsi lemak.
3.) Batasi menghidangkan makanan-makanan olahan yang tiap sajian mengandung 480 mg garam (sodium) atau lebih menjadi hanya sekali sehari. Ini termasuk makanan -makanan seperti sup, pizza, dan makan malam beku.
4.) Pilih margarin rendah lemak dari pada mentega atau margarin batangan.
5.) Berpindahlah dari daging kaya lemak ke produk daging rendah lemak, misalnya bologna bebas lemak, bologna rendah lemak atau hot dog.
6.) Berpindahlah ke susu skim, susu bebas lemak atau susu dengan kandungan lemak tak lebih dari 1 persen.
7.) Makanlah dua potong buah sebagai snack per hari, serta tiga porsi sayuran tiap makan malam. Ini akan meningkatkan konsumsi serat.
8.) Makanlah tiga porsi padi-padian murni per hari.
9.) Makanlah empat porsi (setengah mangkuk) buncis, kacang merah atau polong-polongan lainnya per minggu. Sebagaimana padi-padian murni dan sumber-sumber serat lain, makanan-makanan seperti ini telah diketahui bisa menurunkan risiko kanker, penyakit jantung dan diabetis.
10.) Berpindahlah dari kebiasaan minum softdrink ( minuman ringan ) menjadi jus jeruk atau susu skim ( bebas lemak ). Ini akan menghemat 10 sedok teh gula dan 160 kalori yang ada pada setiap 12 ons soda nondiet.

sumber: http://putramaja.tripod.com/Kesehatan/sehat2.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar